Rabu, 09 Oktober 2013



Tata cara pembuatan buku

langkah-langkahnya meliputi :
1. membuat cover buku
2. membuat daftar isi
3. membuat isi buku tersebut
 meliputi equation, header-footer, watermark, dropcap, tabel, footnote dan bullet and numbering.
4. mencantumkan biografi penulis.
Langkah pembuatan cover buku
·         Pertama silahkan buka program ms word rekan di Start >> All Programs  >> Microsoft Office, pilih microsoft word.
·         Kemudian selanjutnya klik tab menu Insert >> Cover page, dan pilih salah satu desain cover page yang teman-teman sukai, maka secara akan muncul desain cover yang sudah teman-teman pilih di page /halaman pertama lembar kerja ms word.
Langka pembuatan daftar isi
·         Bukalah program microsoft office sehingga muncul lembar kosong. Lalu, pastikan “ruler” yang ada pada lembar kerja dalam keadaan aktif. Jika belum aktif, aktifkan dengan memilih menu “view” lalu beri centang pada “ruler”,
·         Ketikkan “DAFTAR ISI”. Pada baris kedua, ketikkan “KATA PENGANTAR”
Pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, klik pada area batang ruler yang berwarna putih sehingga muncul tanda seperti huruf “L” berwarna hitam. Buatlah tanda tersebut sebanyak 2 buah, dan aturlah posisinya
·         klik dua kali tanda “L” yang pertama yang berwarna hitam di atas hingga muncul jendela Tab
·         selanjutnya klik tab pada keyboard dalam keadaan cursor ada disamping daftar isi maka secara otomatis akan muncul titik-titik yang beraturan


Langkah pembuatan isi buku
Ø  equation
·         klik ribbon insert
·         klik equation atau insert new equation untuk memilih jenis rumus yang lain yang teman-teman inginkan
·         maka akan secara otomatis rumus yang teman-teman inginkan akan muncul
Ø  Header-footer
1.            Buka microsoft office word
2.            Pilih insert.                                                                               
3.            Pilih Header atau Footer  pilih dahulu mana yang mau dibuat.
4             Header,  klik header dan pilih jenis tampilan headernya.
5.            Kemudian double klik pada Headernya sehingga tampilannya menjadi teredit. ketik Header microsoft wordnya.
6.            Setelah itu Footer. kalau header sudah ada maka Footer sudah tersedia tinggal tarik kebagian bawah saja dan double klik dan kemudian di edit.
Ø  Watermark
·         Pertama klik Klik pada tab pada Page Layout
·         Klik pada Watermark
·         Pilih jenis / tampilan watermark, sesuai dengan yang teman-teman inginkan
·         Klik  pada Custom Watermark, untuk mengubah tulisan, jenis huruf, atau memilih background gambar sebagai watermark.
·         Yang terakhir Klik Apply, Klik OK

Ø  Drop cap
·         Blok teks - Klik menu Format - Drop cap
·         Pilih tampilan Drop Cap pada Posision
·         Atur Ukuran Drop Cap pada kotak Line to Drop
·         Atur jarak Drop Cap dengan teks berikutnya pada kotak Distance from text
·         Klik Ok

Ø  Kolom Koran
·         Ketik semua sokumen yang akan dibuat kolom
·         Kemudian sorot atau seleksi dokumen tersebut
·         Klik page layout dan pilih columns pada menu
·         Pilih jenis Koran yang ingin digunakan
Ø  Tabel
·         Klik Menu Insert
·          Pilih Table dan akan muncul kotak-kotak
·         Dan pilih berapa kotak yang tema-teman inginkan
Ø  Footnote
·         Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi footnote.
·         Klik References kemudian klik Insert Footnote
·         Ketikkan catatan atau isi dari footnote tersebut.
·         Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil, dan dibagian bawah halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan.
·         Jika pointer diarahkan pada angka footnote, maka akan muncul keterangan atau isi footnote tersebut.
·         Lakukan hal yang sama untuk membuat footnote selanjutnya, dan secara otomatis nomor footnote juga akan berubah sesuai dengan urutan. 
Ø  Bullet
·         Blog teks yang akan di berikan bullet
·         Kemudian pilih ribbon home dan pilih bullet pada group paragraph
·         Pilih salah satu bullet yang teman-teman inginkan
·         Kemudian klik salah satu bullet
·         Maka secara otomatis bullet yang anda pilih aka nada di opsi penulisan anda
Ø  Numbering
·         Blog teks yang akan diberikan numbering
·         Kemudian pilih menu ribbon home
·         Klik numbering pada group paragraph
·         Maka secara otomatis numbering yang telah di pilih akan muncul pada opsi tulisannya
Mencantumkan biografi penulis
            Kalau biografi penuliskan bebas jadi silahkan anda berkreasi sendiri

Sekian…………….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar