Rabu, 17 Juli 2013


 http://chikaponi.files.wordpress.com/2012/08/education.jpg
PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT UNTUK HIDUP
Ilmu pengetahuan dan teknologi maju dan maju. Berkaitan dengan pendidikan dan pengembangan teknologi terus berlanjut. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterapkan untuk kemajuan masyarakat.
Hubungan antara pendidikan (sekolah) dengan masyarakat dapat dinilai berdasarkan pendapat mereka sebagai berikut:
Menurut Ahmadi Popenoe (2004:182) untuk fungsi pendidikan publik adalah:
1) transmisi budaya massa,
2) membantu individu memilih dan melakukan peran sosial,
3) menjamin integrasi sosial,
4) sebagai sumber inovasi sosial. Sedangkan menurut Broom dan Selznick dalam Ahmadi (2004:182) fungsi pendidikan adalah untuk:
1) transmisi budaya,
2) integrasi sosial,
3) inovasi,
4) seleksi dan alokasi,
5) mengembangkan kepribadian seorang anak.
Dari pendapat ahli di atas ada unsur hampir sama, dan pendapat dari Broom dan Selznick ada sedikit perbedaan karena menambah unsur kelima adalah untuk mengembangkan kepribadian anak. Terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan, dimana ada beberapa elemen, yang memiliki hubungan yang erat berkaitan dengan inovasi (pembaharuan). Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan untuk membawa reformasi di bidang kehidupan publik.
Misalnya pengaruh positif, dengan energi nuklir ditemukannnya kemudian dapat digunakan untuk pembangkit listrik. Meskipun ada orang-orang yang melawan dampak negatif seperti pembuangan limbah nuklir, dalam kasus kecelakaan pembangkit listrik seperti Kernobil kasus. Contoh lain dari pengembangan energi berkelanjutan diperbarukan seperti minyak jarak, pengembangan daya, tenaga panas bumi, pemanfaatan sinar matahari. Hal ini dapat mengurangi ketergantungan manusia pada cadangan minyak yang saat ini semakin berkurang.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan makadapat bermanfaat bagi pembaharuan kehidupan masyarakat. dapat bermanfaat bagi pembaharuan kehidupan masyarakat.
Sumber: http://farisyalwan.blogspot.com/2009/08/perkembangan-ilmu-pengetahuan-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar